Singapore Medical Group Temu Dokter: Ahli Jantung Dr. Nandakumar Berbicara Tentang Kesehatan Jantung dan Hal - hal Lainnya | Singapore Medical Group
Find a Doctor:
ALL
DOCTORS
INTERNATIONAL
PATIENTS
HEALTH
SCREENING
Temu Dokter: Ahli Jantung Dr. Nandakumar Berbicara Tentang Kesehatan Jantung dan Hal – hal Lainnya

Ahli Jantung yang berbasis di Singapura, Dr Kumar berbicara mengenai cara jantung anda agar tetap sehat

Mulai dari faktor emosi hingga faktor fisik (yang terkadang melelahkan!), jantung anda sudah melalui banyak hal – yang berarti adalah menjadi suatu hal yang sangat penting, untuk menemukan dokter yang bagus untuk jantung anda! Jika anda mengkhawatirkan faktor genetika, gaya hidup dan stres kerja tambahan yang mengganggu jantung anda yang sehat, anda perlu meluangkan waktu untuk melakukan perubahan dan berkonsultasi dengan spesialis.

Mudah ditemui, rendah hati dan sangat bersemangat dengan apa yang dilakukannya, baru-baru ini kami berbicara dengan ahli jantung terkemuka, Dr. Ramasami Nandakumar (Dr. Kumar panggilannya) untuk mengurus jantung abad ke 21 kita dan kehidupan yang penuh tekanan secara keseluruhan, yang kita jalani.

Sudah berapa lama anda berada di Singapura dan dimana anda mempelajari dunia kedokteran?

Saya dibesarkan di Coimbatore, India dan berangkat ke Inggris pada tahun 1995 di mana saya berlatih di berbagai rumah sakit di Sheffield, Canterbury, dan Cardiff sampai ke Aberdeen, Skotlandia! Saya kembali ke Asia pada tahun 2011 dan akhirnya pindah ke Singapura pada tahun 2013. Singapura menggabungkan yang terbaik dari timur dan barat dalam hal praktik kesehatan. Penekanan pada tanggung jawab individu terhadap kesehatan, bersamaan dengan fasilitas dari pemerintah untuk gaya hidup yang sehat dan optimal, menjadikannya sebuah tujuan impian bagi seorang dokter – seseorang yang selalu berusaha membuat orang menjadi lebih sehat!

Apa yang membuat anda memutuskan untuk menjadi seorang ahli jantung?

Di tahun-tahun sekolah saya, saya ingat bagaimana ayah dari seorang teman meninggal dunia secara tiba-tiba di usia 40-an awal. Saya, terutama terpengaruh oleh duka yang dirasakan seluruh keluarganya dan mendapatkan pengalaman langsung tentang betapa menghancurkannya ‘serangan jantung’ bisa terjadi! Tentu saja, kemudian saya belajar bagaimana hal ini bisa dengan mudah dicegah dan diobati.

Apa nasehat yang biasa anda berikan kepada siapapun yang ingin mendapatkan jantung yang sehat?

Panjang umur itu penting, namun yang lebih penting lagi adalah hidup dengan ‘jantung sehat’. Jauhkan badan anda dari kursi nyaman itu 30 menit sehari atau setidaknya selama mengunjungi dokter anda dan memahami resiko penyakit jantung anda sendiri.

Apa salah satu mitos terbesar tentang kesehatan jantung?

Diantara beberapa mitos tentang penyakit jantung, salah satu yang paling besar adalah dimana anda berpikir bahwa anda terlalu muda untuk mengkhawatirkannya. Plak yang terbuat dari lemak mulai terbentuk di pembuluh darah mulai dari anda berumur 4 tahun! Saya pernah memiliki pasien berusia 29 tahun yang terkena penyakit jantung.

Mitos umum lainnya tentang serangan jantung adalah bahwa penyakit ini adalah ‘penyakit pria’! Serangan jantung adalah pembunuh wanita nomor 1 di Amerika Serikat dan kedua setelah kanker bagi wanita Asia!

Siapa menurut anda yang paling rentan terkena penyakit jantung?

Meskipun penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, jika seseorang menjalani kehidupan yang penuh tekanan dengan pola tidur yang buruk, tidak melakukan olahraga teratur, terbiasa makan makanan cepat saji dan merokok, maka mereka kemungkinan besar akan mengalami penumpukan lemak dan penyumbatan arteri. Penyakit jantung menjadi lebih mungkin terjadi bila ada keluarga yang terkena penyakit jantung, atau memiliki riwayat kolesterol tinggi, tekanan darah atau penyakit gula darah tinggi.

Pada usia berapa sebaiknya pria / wanita mengunjungi ahli jantung dan untuk tujuan apa, dengan asumsi semuanya baik-baik saja?

Pada umumnya, pria lebih baik mulai memeriksa kadar kolesterol pada usia 35 tahun, sebenarnya pengecekannya malah harus jauh lebih awal lagi, jika anda memiliki faktor – faktor risiko di atas, atau sudah membuat pilihan gaya hidup yang buruk. Untuk wanita, kira-kira di usia 45 tahun, pengecekan harus sudah dimulai.

Pemeriksaan tahunan diperlukan jika anda memiliki faktor – faktor risiko seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau stroke yang diketahui. Pengecekan lengkap termasuk riwayat, pemeriksaan, tes darah, dan pemindaian seperti yang direkomendasikan. Pengecekan mencakup serangkaian tes, semuanya tersedia di klinik kami secara berdampingan jadi, seperti di sirkuit balap lari.

Bisakah anda ceritakan kepada kami, apa yang dilakukan seorang ahli jantung di waktu senggang?

Saya suka menghabiskan waktu luang bersama keluarga. Kami terutama menyukai destinasi liburan di sekitar Singapura seperti Vietnam, Malaysia dan Thailand. Saya juga senang membaca dan ‘The Book Thief’ karya Markus Zusakis adalah favorit saya saat ini. Saya kadang menjadi relawan bersama TzuChi, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk memberikan perawatan medis dan sosial yang berdedikasi, bagi mereka yang membutuhkan di kawasan ASEAN dan global.

Tentang Dr. Kumar

Dr Kumar saat ini bekerja sebagai Senior Interventional Cardiologist di Mount Elizabeth Hospital, Gleneagles Hospital, Mount Alvernia Hospital dan Singapore Heart Stroke & Cancer Center. Dia juga seorang Visiting Senior Consultant di Ng Teng Fong Hospital dan National University Hospital. Anda bisa menghubungi Dr Kumar di nomor +65 82616483 atau melalui situsnya www.h2h.com.sg.