Singapore Medical Group Tanya Dokter: Mengapa Skrining Jantung penting bagi Wanita? | Singapore Medical Group
Find a Doctor:
ALL
DOCTORS
INTERNATIONAL
PATIENTS
HEALTH
SCREENING
Tanya Dokter: Mengapa Skrining Jantung penting bagi Wanita?

Kardiolog Senior, Dr. Nandakumar akan membimbing Anda mengenai bagaimana cara mengelola serta mengapa menjaga kesehatan jantung pada wanita

Kita para wanita memiliki penyakit tersendiri, namun kesehatan jantung adalah murni teritorial pria. Itu adalah pemahaman yang sangat salah! Faktanya skrining jantung juga penting bagi wanita, bahkan menjadi semakin penting jika Anda memiliki gaya hidup atau pun kebiasaan tertentu, dan skrining jantung ini tidak serumit dan semahal yang kita pikirkan.

Kardiolog dan Konsultan Senior, Dr. Ramasami Nandakumar telah menyaksikan adanya banyak wanita yang mengabaikan kesehatan jantung mereka semata mata karena mereka tidak menyadarinya! Disini beliau akan membahas bahwa serangan jantung tidak pernah memilih gender dan alasan mengapa sangatlah penting untuk segera melakukan skrining.

Kita selalu mendengar bahwa pria lebih berisiko memiliki gangguan kesehatan jantung. Mengapa kita sebagai wanita harus merasa khawatir?

Perlu diketahui bahwa serangan jantung tidak memilih gender! Mitos yang beredar adalah bahwa penyakit jantung itu ‘penyakit pria’ karena kita sering melihat gambar seorang pria yang meremas dadanya. Penyakit jantung adalah penyebab kematian terbesar untuk kedua gender.* Berbagai studi telah mengungkap bahwa wanita cenderung menunjukkan tanda atipikal penyakit jantung, sehingga sering tidak didiagnosa mengidap penyakit tersebut.** Fraternitas medis pun kini telah perlahan mengubah pandangannya sejak kampanye GO RED FOR WOMEN di tahun 2003 namun masyarakat masih memandang serangan jantung pada wanita sebagai penyamaran penyakit pria.

Kapan saya berisiko memiliki penyakit kardiovaskular?

Disaat penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, kami melihat adanya kesamaan pada orang-orang yang memiliki karakteristik atau pun pilihan gaya hidup tertentu. Merokok, stres, kurang tidur (ya, ekstra zzz memang dihitung!), tidak rutin berolahraga dan berbagai kebiasaan makan lainnya dapat menyebabkan penumpukan lemak dan menyumbat arteri. Penyakit jantung juga dapat terjadi jika ada anggota keluarga yang menderitanya, atau seseorang dengan kolesterol tinggi, depresi, tekanan darah tinggi atau pun kadar gula tinggi. Risiko penyakit mikrovaskular koronari juga dapat menyerang setelah menopause atau ketika tubuh Anda memiliki kadar estrogen yang rendah.

Kapan wanita harus melakukan skrining jantung?

Kesehatan jantung seharusnya sama pentingnya dengan pap smear! Mulai dari usia 20, dokter Anda harusnya melakukan skrining tekanan darah secara rutin (setiap 2 tahun), kolesterol setiap 4-6 tahun, glukosa darah setiap 3 tahun dan berat/BMI saat pengecekan kesehatan rutin bersamaan dengan diskusi tentang diet, merokok, dan aktivitas fisik Anda. Skrining jantung rutin seharusnya mulai dilakukan pada umur 45, sementara pengecekan tahunan juga diperlukan jika Anda berisiko menderita diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

Seberapa rumitkah skrining jantung dan apa saja yang termasuk di dalamnya serta berapa biayanya?

Skrining penuh termasuk catatan penuh, pemeriksaan, tes darah dan pemindaian. Skrining terdiri dari serangkaian tes bernama tes ECG, Ekokardiografi dan stres treadmill atau CT angiografi koroner, semua tersedia di klinik kami yang dapat dilakukan berdampingan, akan seperti sirkuit lari. Anda harus menyisihkan waktu setidaknya setengah hari untuk menyelesaikan skrining ini, tapi saya pastikan bahwa waktu setengah hari tersebut tidak akan sia-sia.

Untuk biaya, bisa berbeda tergantung lokasi atau rumah sakit. Kami saat ini menawarkannya dengan harga flat spesial sebesar $500.

Bagaimana cara mencegah penyakit jantung?

Pilihlah makanan yang sehat, ubah gaya hidup dan yang terpenting adalah bergerak! Lakukan langkah-langkah kecil setiap hari – entah itu berjalan atau mengikuti kamp latihan, pastikan Anda turun dari sofa setidaknya 30 menit sehari (lebih baik lagi jika Anda bisa menjadikannya 60 menit!).

Tidur dan stres juga merupakan kontributor utama, jadi pastikan Anda memasukkan cukup banyak jam tidur juga. Cobalah untuk mengurangi tingkat stres dengan mengatur dan menanggulangi pemicunya dengan sesuai. Dan tentu saja, pastikan Anda mengunjungi dokter dengan interval yang disarankan sehingga Anda tahu bahwa jantung Anda berada di tangan yang baik!

*IHME
**Studi oleh Krumholz et al tentang Sirkulasi pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa wanita yang berusia dibawah 55 tahun memiliki gejala atipikal dan jarang didiagnosa memiliki penyakit jantung. Percobaan PENYEMBUHAN dan catatan PERJUANGAN kemudian juga menyingkap bahwa wanita cenderung tidak mengalami kateterisasi dan perawatan yang invasif.

Tentang Dr. Kumar

Saat ini Dr. Kumar bekerja sebagai Kardiolog Intervensi Senior di Rumah Sakit Mount Elisabeth, Rumah Sakit Gleneagles, Rumah Sakit Mount Alvernia dan Pusat Stroke Jantung & Kanker Singapura. Beliau juga merupakan Konsultan Senior Tamu di Rumah Sakit Ng Teng Fong dan Rumah Sakit Universitas Nasional. Anda bisa menghubungi Dr. Kumar di +6582616483 atau melalui situs www.h2h.com.sg.