Singapore Medical Group T & J Dokter: Tidur Penting untuk Jantung yang Sehat | Singapore Medical Group
Find a Doctor:
ALL
DOCTORS
INTERNATIONAL
PATIENTS
HEALTH
SCREENING
T & J Dokter: Tidur Penting untuk Jantung yang Sehat

Penting tidak hanya untuk kesejahteraan Anda secara keseluruhan, tetapi juga untuk kesehatan jantung, Dr Nandakumar berbicara kepada kita tentang pentingnya tidur

Jika Anda kehilangan dosis tidur harian Anda, sekarang saatnya melakukan perubahan.

Dengan tidur sebagai komponen utama gaya hidup sehat, dokter semakin mendesak setiap orang untuk memiliki jam tidur yang cukup. Dari melawan penyakit modern sampai dengan menjaga kesehatan jantung, Dr Nandakumar berbicara kepada kita tentang pentingnya tidur. Jadi, baca terus dan tekanlah tombol snooze untuk mendapatkan beberapa jam ekstra.

Vanilla Luxury: Berapakah jumlah tidur yang paling optimal yang dibutuhkan?

Dr Ramasami Nandakumar: National Sleep Foundation merekomendasikan, 8 jam rata-rata untuk orang dewasa dengan kisaran 6 sampai 10 jam. Pada orang tua berubah menjadi kisaran 5,5 jam sampai 9 jam dengan rata-rata 7,5 jam. 1 Singkatnya, saya akan mengatakan bahwa Anda bisa tidur nyenyak setiap pagi dengan waktu minimal 7-8 jam.

Vanilla Luxury: Bagaimana tidur terkait dengan keseluruhan kesehatan kita?

Dr Ramasami Nandakumar: Dalam skema umum, tidur mungkin adalah hal terakhir yang ada dalam pikiran Anda. Namun, penelitian dan penelitian medis yang tak terhitung jumlahnya telah menemukan kaitan antara kurang tidur (atau kurang dari jumlah jam optimal) dan masalah kesehatan serius seperti diabetes, penyakit jantung dan akibatnya serangan jantung. Intinya kurang tidur bisa menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung (baik secara langsung maupun tidak langsung melalui hipertensi dan diabetes) dan diabetes mellitus atau gula darah tinggi. Tampaknya juga bahwa tidur nyenyak memberi umur panjang seperti yang terlihat pada beberapa penelitian prospektif longitudinal.

Vanilla Luxury: Kesehatan jantung dan tidur secara khusus, apa hubungannya?

Dr Ramasami Nandakumar: Tidur tampaknya memiliki efek yang mengalir pada
kesehatan Anda dan akhirnya kesehatan jantung. Kurang tidur tampaknya mengganggu proses seperti metabolisme glukosa, tekanan darah dan pembengkakan.

Tidur sangat penting untuk jantung yang sehat, sedemikian rupa sehingga beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam kira-kira dua kali lebih mungkin mengalami stroke atau serangan jantung dibandingkan dengan orang yang tidur enam sampai delapan jam per malam. 2

Durasi tidur yang singkat dikaitkan dengan perkembangan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hormon tertentu yang disebut hormon simpatis meningkat setelah kekurangan tidur dengan denyut jantung tinggi. Kurang tidur juga menyebabkan peningkatan stres psiko-sosial yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan asupan garam dan penurunan ekskresi garam ginjal. 3 Beberapa penelitian pada kenyataannya, menemukan bahwa kurang tidur menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan kematian akibat penyakit terkait jantung. 4

Vanilla Luxury: Apakah tidur siang benar-benar bekerja?

Dr Ramasami Nandakumar: Mengamati pod tidur super mewah di kantormu?Jawaban untuk apakah tidur siang benar-benar bekerja adalah ya-kebanyakan! Tidur sebentar mungkin membantu kewaspadaan, meningkatkan kinerja sekaligus mengurangi kesalahan 5 . Namun, jangan sampai tidur siang sebentar menjadi episode tidur yang panjang karena Anda mungkin akan mengalami pening yang tidak akan sempurna untuk pekerjaan atau kinerja apapun!

Berencana menyelesaikan beberapa pekerjaan larut malam? Pilihlah tidur siang sebentar daripada kopi. Sebuah studi di tahun 2008 menunjukkan bahwa tidur siang bekerja lebih baik daripada kafein ketika harus memperbaiki ingatan verbal, keterampilan motorik dan pembelajaran.

Vanilla Luxury: Kapan waktu terbaik untuk tidur?

Dr Ramasami Nandakumar: Sementara saya ingin mengatakan bahwa Anda harus mulai berhenti berkegiatan pada jam 9 malam, dan berbicara tentang tidur sebentar dan tidur nyenyak, terkadang hal itu tidak mungkin dilakukan. Cara yang lebih mudah untuk melihat ini adalah menghitung mundur dari waktu yang Anda butuhkan untuk bangun di pagi hari. Kembalilah 8 jam dari waktu yang Anda butuhkan untuk mengatur alarm, tambahkan sekitar setengah jam agar tubuh Anda terbiasa dengan mode tidur dan voila itu adalah jumlah ajaib yang bisa dilakukan. Juga, yang sangat penting adalah Anda menjaga waktu tidur dan waktu bangun – hari kerja maupun akhir pekan.

Vanilla Luxury: Apa saran Anda bagi yang memiliki masalah tidur?

Dr Ramasami Nandakumar: Perubahan gaya hidup yang sederhana, aplikasi meditasi dan aplikasi tidur bisa sangat membantu Anda. Saya merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi kafein setelah jam 6 sore dan menghindari alkohol dan tembakau sebelum tidur. Olahraga juga idealnya harus di awal hari bukan di akhir hari.

Minggu malam bisa menjadi malam terburuk untuk mendapatkan tidur nyenyak jika Anda memikirkan pekerjaan atau sekolah keesokan harinya, jadi rencanakan tidur lebih awal dengan TV atau buku bagus untuk mengalihkan pikiran dari berbagai macam hal.

Jaga agar tingkat stres tetap rendah dengan memantau suhu kamar, pencahayaan dan suasana hati Anda. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu dengan musik santai untuk membantu berhenti berkegiatan. Dan apakah saya menyebutkan untuk menyingkirkan ponsel? Singkirkan ponsel atau Facebook sebelum tidur!

Referensi

1 National Sleep Foundation’s sleep time duration recommendations: methodology and results summary.
Hirshkowitz, Max et al. Sleep Health: Journal of the National Sleep Foundation, Volume 1, Issue 1, 40-43

2 https://sleepfoundation.org/excessivesleepiness/content/how-sleep-deprivation-affects-your-heart

3 Tochikubo O, Ikeda A, Miyajima E, Ishii M. Effect of insufficient sleep on blood pressure monitored by a new multi biomedical recorder.
Hypertension 1996

4 A prospective study in the United States showed that the standardized mortality ratio of CHD was highest among those who worked 67 hr or more a week [28]. */* [28] Buell P, Breslow L. Mortality from coronary heart disease in California men who work long hours. J Chorn Dis 1960; 11: 615- 26.

5 https://sleepfoundation.org/sleep-topics/napping/page/0/1

Tentang Dr Ramasami Nandakumar

Dr Ramasami Nandakumar saat ini bekerja sebagai Cardiologis Interventional Senior di Mount Elizabeth Hospital, Gleneagles Hospital dan Mount Alvernia Hospital. Ia juga merupakan Konsultan Visit Senior di Ng Teng Fong Hospital dan National University Hospital. Anda bisa menghubungi Dr Kumar di nomor +65 82616483 (juga WhatsApp) atau melalui situsnya di www.h2h.com.sg.