Singapore Medical Group Dari Kopi ke Hewan Peliharaan: 5 Perubahan Gaya Hidup Mengejutkan yang Membantu Kesehatan Jantung | Singapore Medical Group
Find a Doctor:
ALL
DOCTORS
INTERNATIONAL
PATIENTS
HEALTH
SCREENING
Dari Kopi ke Hewan Peliharaan: 5 Perubahan Gaya Hidup Mengejutkan yang Membantu Kesehatan Jantung

Kami menghindari membahas latihan biasa dan saran makan sehat! Perubahan gaya hidup yang mengejutkan ini adalah cara yang baik untuk membuat jantung Anda memompa dengan baik.

Kesehatan jantung sangatlah penting. Selama beberapa bulan terakhir ini, kami telah berbicara dengan Dr Ramasami Nandakumar tentang cara menjaga jantung tetap sehat dan memompa dengan baik. Kami baru-baru ini berhasil menemuinya untuk memahami bagaimana gaya hidup dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan bagaimana beberapa perubahan dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda!

1. Meditasi

Satu kata-stres! Stres yang tubuh dan pikiran Anda lalui setiap hari meningkat secara eksponensial. Apakah Anda melihatnya sebagai waktu istirahat untuk diri sendiri atau sebagai cara untuk mendapatkan kedamaian batin, Meditasi adalah penyeimbang yang hebat dan dapat membawa Anda kembali fokus pada diri dan inti Anda. “Meditasi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan melepas atau menurunkan efek stres pada tubuh Anda”, kata Dr Kumar. “Saat Anda stres, tubuh Anda melepaskan hormon stres dan meningkatkan tekanan darah, denyut jantung, dan sebagainya. Meditasi membantu menyeimbangkan ini dan mendorong pikiran dan tubuh Anda untuk melambat.”

“Hampir tidak ada biaya yang terkait dengan meditasi, dan ada beberapa sumber yang tersedia secara online ataupun tidak yang dapat membantu Anda. Tapi ingat bahwa walaupun meditasi itu bagus, ini bukanlah pengganti olahraga, nutrisi yang baik dan obat-obatan! “

2. Kopi

Dahulu kala, semua orang membenci kopi! Sering dimasukkan kedalam kategori yang sama seperti merokok dan minum alkohol; Minuman abadi ini tiba-tiba terlihat menarik. “Konsumsi kopi secukupnya tidak berbahaya. Sebenarnya, penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu sebenarnya bisa membantu jantung kita. “Kata Dr Kumar. Baik itu senyawa alami yang ada dalam biji kopi yang bermanfaat atau fitokimia yang dapat mengurangi peradangan, manfaat kopi dipahami dan diterima di seluruh dunia. “Sebagian besar pasien saya benci harus berhenti meminum kopi reguler mereka. Tetapi bahkan jika Anda tidak memakai krim, sirup, gula dan topping lainnya, kopi dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan BP Anda, yang artinya bencana besar untuk kesehatan jantung Anda. Saran saya adalah untuk tidak melewatkan secangkir kopi Anda sepenuhnya, minumlah hanya kopi hitam atau dengan susu dan hindari tambahan gula. Saya sebenarnya lebih memilih kopi gourmet dari sumber yang baik yaitu Ethiopia, Sumatera atau Kenya – tanpa tambahan! ” Cari tahu lebih lanjut tentang apa yang tidak diperbolehkan untuk dimakan oleh Ahli Kardiologi Anda – klik di sini.

3. Pelihara anjing!

Pencinta binatang peliharaan atau pun bukan, memiliki satu binatang peliharaan dapat membantu penurunan risiko penyakit jantung! “Memelihara seekor anjing bisa memiliki efek menenangkan pada saraf Anda, membantu dengan tekanan darah dan tentu saja jika Anda memiliki anjing maka Anda harus bergerak. Terlepas dari bentuk latihan paksa (yang sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular Anda!), Efek menenangkan anjing pada manusia membantu mengatasi stres dengan lebih baik.

“Namun, jangan hanya memelihara seekor anjing karena alasan utama pemicu tekanan kardio! Lakukanlah karena Anda mencintai hewan dan hanya jika Anda dapat menikmati sedikit latihan! “

4. Flossing Harian

Tidak hanya gigi Anda akan berterima kasih untuk ini, namun penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan flossing setiap hari benar-benar dapat membantu pencegahan penyakit jantung. “Kesehatan gusi merupakan faktor kunci bagi kesehatan jantung Anda. Gusi yang lebih baik berarti penumpukan plak yang lebih lambat di lapisan dinding arteri Anda – dan efek konsekuen pada kesehatan jantung Anda. ” Kata Dr Kumar.

Entah itu alat genggam atau benang flossing biasa, ada manfaatnya untuk meluangkan beberapa menit ekstra setiap hari – tetap terus lakukan! Jangan lupa lakukan check up biasa dan juga dokter gigi!

5. Cari pendamping - dan tetaplah bersama!

Pernikahan telah menunjukkan efek menurunkan keseluruhan risiko untuk pengembangan penyakit jantung. Ini bukan berarti untuk tetap terjebak dalam pernikahan yang buruk! “Disamping beberapa pengecualian, bekerja terus menerus untuk menjaga pernikahan atau hubungan Anda tetap sehat dan bahagia, memiliki efek jangka panjang terhadap kesehatan Anda juga. Stres yang lebih rendah yang harus dihadapi tubuh dan pikiran dalam kehidupan pribadi Anda, akan membantu memulihkan dari keseluruhan stres lainnya yang kita jalani, setiap hari. Senyum dan momen menyenangkan akan memberi lebih dari sekadar kenangan! “Tambah Dr Kumar

Entah itu pernikahan, tinggal bersama atau hanya menemukan teman yang mengerti Anda, sains mengatakan untuk mempertahankannya!

Jadi begitulah, berikan tubuh dan pikiran Anda istirahat dengan perubahan gaya hidup sederhana ini!

Tentang Dr Ramasami Nandakumar

Dr Ramasami Nandakumar saat ini bekerja sebagai Cardiologis Interventional Senior di Mount Elizabeth Hospital, Gleneagles Hospital dan Mount Alvernia Hospital. Ia juga merupakan Konsultan Visit Senior di Ng Teng Fong Hospital dan National University Hospital. Anda bisa menghubungi Dr Kumar di nomor +65 82616483 (juga WhatsApp) atau melalui situsnya di www.h2h.com.sg.