Singapore Medical Group 5 Latihan yang Disetujui oleh Dokter untuk Menjaga Jantung Anda tetap Sehat | Singapore Medical Group
Find a Doctor:
ALL
DOCTORS
INTERNATIONAL
PATIENTS
HEALTH
SCREENING
5 Latihan yang Disetujui oleh Dokter untuk Menjaga Jantung Anda tetap Sehat

Jaga agar jantung tetap memompa dan bercahaya dengan sehat melalui beberapa cara mudah untuk bergerak ini

Kita semua tahu pentingnya untuk terus bergerak, tetapi jika Anda menginginkan jantung yang lebih sehat, Kardiologis ini menyetujui rutinitas latihan yang akan sangat membantu Anda. Kami berbicara dengan Cardiologis Senior, Dr Ramasami Nandakumar tentang latihan terbaik untuk jantung Anda dan inilah yang dia katakan kepada kami.

1. Berjalan

Ya, berjalan membantu tapi harus dilakukan dengan cepat. Berjalan cepat tidak hanya menjaga detak jantung Anda tetap bergerak, tetapi juga lebih baik daripada berlari dan mengurangi kemungkinan cedera pada lutut, pergelangan kaki dan pinggul Anda. Dan sebelum meningkatkan detak jantung Anda, cari tahu berapa detak jantung maksimum dan kemudian hitung zona yang Anda inginkan. Selalu ingat untuk mulai dengan perlahan untuk mencapai target – mulai dari kecil dan kemudian mulailah dari sana.

2. Pilates dan Yoga

Pilates dan Yoga sangat hebat dalam melibatkan inti yang penting untuk memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Mereka juga membantu Anda melakukan hal lain dengan lebih baik! Entah itu permainan tenis favorit Anda dengan lebih baik, atau membantu membawa tas belanjaan – latihan penguatan inti seperti Pilates sangat bagus untuk jantung dan cara hidup Anda secara keseluruhan.

M. Mala Cunningham, Ph.D., psikolog konseling dan pendiri Yoga Jantung yang telah sering dikutip oleh American Health Association, mengenai manfaat Yoga untuk kesehatan jantung. “Yoga juga memiliki manfaat yang terbukti bagi mereka yang telah mengalami gagal jantung, serangan jantung atau kejadian jantung lainnya,” menurut Cunningham. “Tekanan emosional akut dari peristiwa semacam itu tentu saja memiliki efek yang signifikan dan merugikan pada jantung,” katanya. “Di situlah yoga bisa menjadi manfaat luar biasa untuk mengatasi stres.”

“Keuntungan menenangkan dari yoga bisa membuat Anda melihat manfaatnya dengan segera. Setelah kelas yoga pertama Anda, tekanan darah kemungkinan akan lebih rendah, Anda akan merasa rileks dan Anda akan merasa lebih baik, kata Cunningham. *

Aktivitas yang membantu mengelola bagian kesehatan fisik, emosional dan spiritual dan kesejahteraan Anda – apa yang menghalangi kita untuk mencintainya!

3. Bersepeda

Latihan aerobik yang luar biasa untuk jantung Anda, bersepeda adalah rutinitas yang baik untuk dilakukan. Tidak seperti berlari, mengendarai sepeda mengurangi dampak cedera pada lutut dan memberi Anda kesempatan untuk menjalani rutinitas latihan yang ketat dengan dampak yang lebih rendah pada sendi-sendi kunci Anda. Terlebih lagi dengan pemandangan outdoor luar biasa sebagai tambahan dan hati Anda akan bernyanyi dengan kebahagiaan dan kesehatan – mencakup semua aspek.

4. Latihan Berat atau Interval

Meningkatkan detak jantung Anda dengan berbagai latihan repetisi dan waktu pemulihan antara rangkaian atau latihan yang berbeda membuat detak jantung Anda memasuki mode inkremental dan pemulihan. Bentuk pelatihan ini sangat bagus untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes dan tentu saja menghilangkan buncit.

Lakukan latihan singkat intensitas tinggi (15 sampai 60 detik juga cukup baik!) dengan pemulihan aktif yang sedikit lebih lama dan membantu memperbaiki fungsi kardiovaskular Anda dan membakar kalori.

5. Bergeraklah!

Bila semuanya gagal, jangan terlalu banyak memikirkan latihan. Beranjaklah dari sofa dan bergeraklah! Entah itu menaiki tangga atau berenang di kolam kondominium Anda, jika ada kesempatan saat Anda dapat menambahkan langkah dan gerakan ke dalam rencana Anda, lakukanlah segera. Ingatlah bahwa meningkatkan detak jantung Anda dengan gerakan kecil ini dapat membantu kesehatan jantung dengan luar biasa (jangan terlalu melebihi detak jantung maksimum yang direkomendasikan!) – jadi setiap usaha kecil dapat menghasilkan keuntungan besar!

Tentang Dr Ramasami Nandakumar

Dr Ramasami Nandakumar saat ini bekerja sebagai Cardiologis Interventional Senior di Mount Elizabeth Hospital, Gleneagles Hospital dan Mount Alvernia Hospital. Ia juga merupakan Konsultan Visit Senior di Ng Teng Fong Hospital dan National University Hospital. Anda bisa menghubungi Dr Kumar di nomor +65 82616483 (juga WhatsApp) atau melalui situsnya di www.h2h.com.sg.